Merti Dusun Jelapan, Seloharjo

Anita 03 Agustus 2023 08:26:45 WIB

Seloharjo-  Pada hari Rabu, 02 Agustus 2023 Dusun Jelapan mengadakan acara Merti Dusun. Merti Dusun merupakan salah satu tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat Padukuhan Ngreco khususnya dan Warga Desa pada Umumnya.

Kegiatan ini terlaksana bekerja sama dengan Pemerintah Desa Seloharjo dan Warga masyarakat Dusun Jelapan.Sebagai puncak acara Merti Dusun yaitu pagelaran Wayang kulit Dengan Lakon Wahyu Setyo Wacana yang di dalangi oleh Ki Hadi Sujiyo di Balai Dusun Jelapan.

Tradisi merti dusun sudah sejak nenek moyang di laksanakan masyarakat tidak mengetahui sejak kapan merti dusun ini mulai di rayakan,dan saat ini menjadi sebuah agenda rutin Dusun Jelapan.

Pada upacara ini merupakan tradisi ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Agung,dengan bentuk tradisi slametan.sebelum pelaksanaan acara pagelaran wayang kulit diadakannya Acara Kenduri atau genduren oleh warga masyarakat sebagai ujud syukur dan rasa persatuan dalam bersosial di masyarakat,menciptakan Rasa golong gilig kepada seluruh masyarakat tanpa di batasi dengan status sosial apapun.

Komentar atas Merti Dusun Jelapan, Seloharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License