MOTIF BATIK SUROCOLO YANG BANYAK DI MINATI OLEH WISATAWAN

Anita 05 Juli 2023 09:13:35 WIB

MOTIF BATIK SUROCOLO YANG BANYAK DI MINATI OLEH WISATAWAN

 

Seloharjo- Batik adalah kain bergambar yang dibuat khusus dengan cara menuliskan lilin pada kain mori (kain tenun berwarna putih). Kemudian, kain tersebut diolah melalui proses tertentu, sehingga menjadi pakaian bernilai guna tinggi, demikian dikutip di buku Aplikasi Metode Pewarnaan Batik Non Kimia Berbasis Kolaboratif-Partisipatif oleh Dra Giyah Yuliari, dkk. Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia.

Adapula pengertian batik menurut Dena Rizqia yang di kutip dari Buku Warisan Budaya Batik yaitu batik merupakan kain bergambar yang dibuat khusus dengan cara menuliskan lilin pada kain mori (kain tenun berwarna putih). Kemudian, kain tersebut diolah melalui proses tertentu, sehingga menjadi pakaian bernilai guna tinggi, demikian dikutip di buku Aplikasi Metode Pewarnaan Batik Non Kimia Berbasis Kolaboratif-Partisipatif. 

Di daerah Bantul Khususnya kapanewon Pundong Kalurahan Seloharjo suatu karya seni yang terdapat di Padukuhan Surocolo yaitu yaitu batik Surocolo yang terkenal akan estetikanya. Batik Surocolo ini banyak di minati dan di cari oleh wisatawan karena harganya yang terjangkau dan mempunyai beragam motif yang sangat memukau. 

Komentar atas MOTIF BATIK SUROCOLO YANG BANYAK DI MINATI OLEH WISATAWAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License