POLA HIDUP SEHAT MELALUI PEMANFAATAN TOGA (TANAMAN OBAT KELUARGA)

Anita 12 Juni 2023 14:41:19 WIB

 

Seloharjo- Pada Senin, 12 Juni 2023 bertempat diaula Kalurahan Seloharjo, Pemerintah Seloharjo bekerja sama dengan Dinkes Yogyakarta telah menyelenggarakan sosialisasi mengenai  pola hidup sehat melalui pemanfaatan Toga (Tanaman Obat Keluarga) .  Tanaman Obat Keluarga (TOGA) atau apotek hidup merupakan jenis tanaman obat pilihan yang dipergunakan untuk pertolongan pertama. TOGA disebut juga sebagai obat-obat ringan untuk mengobati beberapa macam penyakit, seperti demam dan batuk. TOGA merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan wahana pembelajaran untuk mengenal berbagai macam tanaman obat. Edukasi TOGA dapat menjadi sumber pembelajaran edukatif dalam pembentukan karakter dan prinsip kemandirian dalam upaya pengobatan keluarga. Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian daun, kulit batang, buah, biji, dan akarnya. Secara umum, TOGA dimanfaatkan sebagai minuman kebugaran, ramuan untuk gangguan kesehatan ringan, dan memelihara kesehatan, serta meningkatkan gizi.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan agar masyarakat dapat membudidayakan tanaman obat keluarga dalam meningkatkan derajat kesehatan dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat secara baik dan benar.

 

 

Komentar atas POLA HIDUP SEHAT MELALUI PEMANFAATAN TOGA (TANAMAN OBAT KELUARGA)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License