KENDURI RUWAHAN, WUJUD RASA SYUKUR WARGA DUSUN GEGER DAN HORMATI LELUHUR

Anita 08 Maret 2023 08:19:10 WIB

Seloharjo(08 Maret 2023)- Telah dilaksanakan kenduri ruwahan di balai dusun Geger pada tanggal 08 Maret 2028. Ruwahan atau Nyadran ini merupakan kegiatan adat dan budaya tahunan, yang dilaksanakan setiap tanggal 14 Ruwah atau Jawa, untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Makna Ruwahan menyambut bulan Ramadan ini merupakan bagian dari memanjatkan doa agar ibadah puasa nanti berjalan lancar. Kegiatan ini juga sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas nikmat dan berkah yang dirasakan, selain itu untuk silaturahmi dan doa bersama demi kesehatan, keselamatan dan kemakmuran masyarakat dusun Geger. 

Tradisi ini dilakukan mulai pertengahan bulan Ruwah (bulan ke-8 dalam kalender Jawa atau bersamaan dengan Sya’ban dalam kalender Hijriah). Oleh karena itu disebut sasi ruwah dalam bahasa Jawa.

Komentar atas KENDURI RUWAHAN, WUJUD RASA SYUKUR WARGA DUSUN GEGER DAN HORMATI LELUHUR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License