KPU BANTUL MEMASTIKAN PEMILIH PINDAH DOMISILI TETAP TERDAFTAR

Anita 03 Maret 2023 08:34:23 WIB

Seloharjo(03 Maret 2023)-KPU Bantul memastikan bahwa pemilih pindah domisili tetap didaftar oleh petugas pemutakhiran data(pantarlih) sebagai pemilih 2024.

Beliau mengatakan bahwa "Untuk melindungi hak pilih, KPU Bantul dalam kegiatan pencocokan dan penelitian(coklit) tetap mendaftar pemilih yang pindah domisili".

Menurut beliau, pada saat pantarlih melakukan cokit dan menemukan pemilih pindah domisili berdasarka KTP elektronik yang dipegang, maka akan terdaftar tetapi dengan melakukan penyesuaian alamat pemilih yang bersangkutan sesuai dengan KTP-el pemilih.

Beliau juga menjelaskan KPU RI telah menerbitkan surat KPU Nomor 197/PL.01-SD/14/2023 perihal pencatatan pemilih pindah domisili dalam kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit). Dengan adanya surat tersebut, maka dipastikan pemilih yang sudah pindah domisili berdasarkan KTP-El tetap akan didaftar sebagai pemilih untuk Pemilu 2024 mendatang.

Pemilih dengan kategori pindah domisili ini selanjutnya akan direkap oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kalurahan untuk kemudian dilaporkan kepada KPU Bantul. “Selanjutnya KPU Bantul akan melakukan koordinasi lebih lanjut terhadap pemilih pindah domisili ini baik antarkapanewon maupun antarkabupaten,” ujarnya.

Seperti diketahui kegiatan pencocokan dan penelitian  atau coklit daftar pemilih telah dimulai sejak 12 Februari dan akan berakhir 14 Maret 2023 mendatang. Sebanyak 3.175 pantarlih dikerahkan untuk melakukan coklit berbasis Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dalam melakukan ketugasannya pantarlih menggunakan aplikasi e-coklit yang dengan memakai HP android masing-masing.

Selain pantarlih, aplikasi e-coklit juga digunakan oleh PPS, PPK dan KPU Bantul untuk melakukan pemantuan capaian coklit diseluruh wilayah Bantul. Sampai dengan akhir Februari ini berdasarkan rekap e-coklit di KPU Bantul telah tercoklit sebanyak 418.108 pemilih atau sekitar 55,73%.

Komentar atas KPU BANTUL MEMASTIKAN PEMILIH PINDAH DOMISILI TETAP TERDAFTAR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License