BAKPIA:UMKM DESA DUKUH SELOHARJO

Anita 26 Januari 2023 08:47:54 WIB

Seloharjo(26/01/2023)- Desa Seloharjo telah mendapatkan mandat sebagai Desa Wisata & Budaya dari Dinas
Pariwisata Kabupaten Bantul sejak tahun 2014. Dasar mandat diberikan antara lain karena Desa Seloharjo memiliki beberapa potensi baik alam maupun sosial budaya. Potensi tersebut adalah : 1) Goa Jepang, berada di puncak Merangi, Desa Seloharjo, terdapat 19 gua peninggalan masa pendudukan Jepang. Kondisi gua buatan tersebut sebagian besar masih baik dan menjadi objek wisata peninggalan sejarah. Di atas Puncak Merangi juga menyajikan pesona pemandangan laut selatan dan bentangan kawasan Pantai Parangtritis
hingga Pantai Depok dan muara Sungai Opak. 2) Mata Air Tuk Surocolo, berupa sumber air bernama Tuk Surocolo terlak di perbatasan Dusun Ngreco dan Poyahan, Seloharjo. Terdapat 2 sumber mata air yang dikenal dengan Sendang Putri dan Sendang kakung. Terdapat pula sebuah arca pada masing-masing sendang, yang diduga berusia sama dengan candi Borobudur. 3) Goa Sunan Mas, berada dalam kawasan Tuk Sorcolo di perbatasan Dusun Ngreco dan Poyahan, Seloharjo. Menurut beberapa sumber gua ini dibuat pada masa Kerajaan Mataram Islam oleh RM Sutikno yang berjuluk Sunan Mas yang merupakan keturunan Amangkurat II. 4)Kalinampu Natural Park, berada di dusun kalinampu, 5)Grojokan Pujung, berada di dusun poyahan, dan lain-lain.

Mengingat saat ini tempat-tempat tersebut sudah mulai ramai dikunjungi orang secara informal
karena penasaran maka dari itu, kelompok PKH di dusun Dukuh membuat sebuah UMKM yaitu bakpia. 

Bakpia adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu yang dipanggang dengan isian berupa kacang hijau dicampur gula. Namun makanan yang dianggap khas Jogja ini ternyata sebenarnya bukan asli berasal dari Yogyakarta, melainkan berasal dari Cina.

Bakpia pertama kali dibawa oleh pendatang asal Tiongkok, Kwik Sun Kwok, pada 1940-an ke Yogyakarta. Pada saat itu. Kwik menyewa sebidang tanah di Kampung Suryowijayan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta milik seorang warga lokal bernama Niti Gurnito.

Usaha Bakpia ini berawal dari hobi membuat kue yang awalnya hanya untuk santapan keluarga dan sahabat. Tetapi karena dorongan dari keluarga dan teman-teman, maka dimulailah usaha kecil membuat bakpia ini. Selain itu kami juga bermaksud menyediakan varian kue yang bisa kami dapatkan di Bantul tanpa harus ke luar kota, dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas.

Bakpia ini beralamat di Dusun Dukuh, Seloharjo, Pundong, Bantul, Yogyakarta.

“Bolen rumahan citarasa premium”

Komentar atas BAKPIA:UMKM DESA DUKUH SELOHARJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License