PERAN PENTING ORANGTUA DAN LINGKUNGAN MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS SEJAK DINI

Anita 17 Januari 2023 08:54:56 WIB

Seloharjo(17/01/2023)- Baru-baru ini, masyarakat dikejutkan dengan berita ratusan siswi di Ponorogo yang mengajukan dispensasi nikah karena hamil di luar nikah. Tentu saja salah satu sebabnya karena mereka tergolong masih usia di bawah umur. Ramainya kasus tersebut banyak menarik perhatian masyarakat dan warganet.  Sebenarnya, memberikan dispensasi pernikahan pada masalah ini menjadi keputusan yang kurang bijak karena berpotensi kembali meningkatkan kasus pernikahan anak. Padahal Undang-undang sudah mengatur terkait batasan minimal usia menikah. Beragam pertimbangan menjadi alasan mengapa pernikahan anak sebaiknya dilarang. Salah satu faktor adalah pertimbangan fisik dan psikologis yang belum siap untuk hamil, melahirkan, dan merawat anak. 

Berbicara dengan kasus ini, peran orangtua dan lingkungan sekitar sebenarnya sangat penting dalam memberikan edukasi mengenai seks bagi anak usia dini dan remaja. Pengetahuan seks sangat penting untuk diberitahukan kepada anak sejak dini. Ada beberapa alasan mengapa pendidikan seks penting untuk anak laki-laki, yaitu untuk memenuhi rasa ingin tahu anak, mencegah anak melakukan aktivitas seksual yang tidak benar, agar anak tidak terkejut saat memasuki usia pubertas, menyadarkan anak tentang menjaga organ reproduksi, dan mencegah kehamilan usia dini.”

berikut sedikit cara memberikan pendidikan mengenai sex kepada anak:

  1. Kenalkan bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh oranglain
  2. Biasakan anak menggunakan pakaian yang sopan
  3. Ajarkan konsep perbedaan jenis kelamin kepada anak
  4. Beritahu akibat perbuatan seks bebas(seperti resiko kehamilan yang tidak direncanakan, kontrasepsi, penyakit kelamin, dll) 
  5. Ajarkan cara menghargai diri sendiri
  6. dll

 

Komentar atas PERAN PENTING ORANGTUA DAN LINGKUNGAN MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKS SEJAK DINI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License