GEMPA 3.1 MELANDA KALURAHAN SELOHARJO DAN SEKITARNYA

Anita 09 Januari 2023 08:51:59 WIB

Seloharjo(09/01/23)-Gempa terjadi lagi. Kali ini berkekuatan 3,1 magnitudo melanda wilayah Desa Seloharjo dan sekitarnya. Gempa terjadi pada pukul 05:41:06 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa Bantul hari ini berada pada titik koordinat 8.00 LS 110.42 BT. Menurut BMKG pusat gempa berada di Darat 13 km Tenggara Bantul. Adapun kedalaman pusat gempa (hiposentrum) tersebut adalah 18 km. BMKG juga mengingatkan agar masyarakat di Bantul mewaspadai potensi gempa susulan.

Berikut cara untuk menyelamatkan diri ketika terjadi gempa susulan:

1. Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam. Posisi ini melindungi kita dari jatuh dan tetap memungkinkan untuk bergerak jika perlu.

2. Cari penutup kepala, leher dan seluruh tubuh jika memungkinkan, yaitu di bawah meja atau meja yang kokoh. Apabila tidak ada tempat berlindung, bergeraklah menuju dinding bagian dalam atau samping furnitur posisi rendah agar tidak tertimpa. Jangan lupa tutupi kepala dan leher menggunakan tangan.

3. Tetap berlindung di tempat sampai guncangan berhenti. Bersiaplah bergerak jika guncangan mulai membuat barang bergeser atau rusak.


Komentar atas GEMPA 3.1 MELANDA KALURAHAN SELOHARJO DAN SEKITARNYA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License