Mata Pencaharian Warga di Desa Seloharjo

Anita 04 Januari 2023 14:33:04 WIB

Seloharjo-Kalurahan Seloharjo merupakan salah satu Desa dari Tujuh puluh lima desa di Kabupaten Bantul yang terletak di bagian Timur laut. Batas-batas wilayah Desa seloharjo :

  • Sebelah Utara : Desa Srihardono,Desa Panjangrejo Kecamatan Pundong
  • Sebelah Timur : Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri
  • Sebelah Selatan : Desa Girijati Kecamatan Purwosari
  • Sebelah Barat : Desa  Parangtritis Kecamatan Kretek

Luas wilayah Desa Seloharjo adalah 48 hektar, secara administratif terbagi menjadi 16 Pedukuhan yang meliputi 73 RT.

Sebagian besar masyarakat di Kalurahan Seloharjo bermata pencaharian sebagai petani karena wilayahnya yang dikelilingi oleh area persawahan. Ada yang menanam padi, cabai, sayuran, bawang merah dan melon pada musim – musim tertentu. Sehingga walaupun dimasa pandemi kemarin masyarakatnya bisa bertahan dan bisa tetap menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Selain menjadi petani, masyarakat di Kalurahan Seloharjo juga banyak yang bekerja menjadi buruh lapas. ada yang kerja sebagai tukang bangunan, tukang masak dan lain sebagainya. Tak hanya itu ternyata dengan menjadi petani dan buruh lapas ini masyarakat dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari sampai banyak yang dapat menyekolahkan anaknya di sekolah favorite sampai ke jenjang sarjana/universitas. Dengan seperti ini, dapat menjadi contoh bagi kita (pembaca) untuk selalu berusaha dan tidak boleh putus asa apapun keadaanya dan apapun lingkungannya. 

Komentar atas Mata Pencaharian Warga di Desa Seloharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License