"BMKG: Potensi Hujan Lebat-Angin Kencang di Jogja 2 Hari ke Depan"

Anita 04 Januari 2023 08:37:51 WIB

Seloharjo- BMKG memprakirakan potensi cuaca ekstrim di wilayah Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dua hari ke depan. Berikut penjelasan BMKG.

Dalam keterangan pers, Kepala Stasiun Meteorologi, Warjono (Selasa, 2 jan 2023) mengatakan bahwa "Prospek cuaca ekstrem tiga harian di wilayah DI Yogyakarta berlaku tanggal 4 Januari 2023-6 Januari 2023". Dia juga menjelaskan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali suhu muka laut terpantau positif di Samudra Hindia selatan Jawa yakni 0.5 °C s/d +1.5 °C, Indeks ENSO di Nino 3,4 bernilai -0.56 yang menyebabkan potensi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Selain itu terpantau adanya pusat tekanan udara rendah di Australia bagian barat laut yang menyebabkan terbentuknya wilayah konvergensi (pertemuan massa udara) di sepanjang Pulau Jawa sehingga memicu peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY. Profil vertikal kelembapan udara di lapisan-lapisan pembentukan awan yang relatif cukup tinggi >70 persen dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia termasuk DIY.
"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 4 Januari 2023-6 Januari 2023," jelasnya.


Komentar atas "BMKG: Potensi Hujan Lebat-Angin Kencang di Jogja 2 Hari ke Depan"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License