WASPADA BENCANA GEMPA

Anita 03 Januari 2023 15:04:24 WIB

(SELOHARJO)-Gempa bumi hari ini guncang wilayah Bantul, Yogyakarta, Selasa 3 Januari 2023. 

Berdasarkan laporan BMKG gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 07.41 WIB. Magnitudo gempa bumi yang melanda daerah tersebut yakni magnitudo 3.3 SR Pusat gempa bumi berada di laut 184 km barat daya Bantul, Yogyakarta. Kedalaman pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. 

Dilansir dari Kompas.com Gempa bumi adalah peristiwa berguncangnya bumi akibat benturan antar lempeng Bumi, aktivitas sesar atau patahan, runtuhan batuan, atau aktivitas vulkanik. Bencana ini bersifak merusak walaupun terjadi dalam waktu yang singkat. Untuk itu ada beberapa cara agar kita dapat menyelamatkan diri apabila terjadi gempa, antara lain dengan:

1. Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam. Posisi ini melindungi kita dari jatuh dan tetap memungkinkan untuk bergerak jika perlu.

2. Cari penutup kepala, leher dan seluruh tubuh jika memungkinkan, yaitu di bawah meja atau meja yang kokoh. Apabila tidak ada tempat berlindung, bergeraklah menuju dinding bagian dalam atau samping furnitur posisi rendah agar tidak tertimpa. Jangan lupa tutupi kepala dan leher menggunakan tangan.

3. Tetap berlindung di tempat sampai guncangan berhenti. Bersiaplah bergerak jika guncangan mulai membuat barang bergeser atau rusak. 

Komentar atas WASPADA BENCANA GEMPA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License