PSN DI PEDUKUHAN NGRECO KALURAHAN SELOHARJO

Administrator 18 Juni 2021 13:37:45 WIB

Seloharjo 18 juni 2021,Tim Psn dari Kapanewon Pundong melakukan KEGIATAN JUMANTIK (Juru Pemantau Jentik ) petugas yang berasal dari Kapanewon Pundong meliputi Puskesmas dan jajaranya,untuk malakukan pemantauan jentik nyamuk DBD Aedes Aegypti di wilayah Ngreco serta melakukan pelaporan ke kelurahan secara rutin dan berkesinambungan.

Kegiatan Jumantik Di Wilayah Rt 03/04 Ngreco.

  1. Mencek tempat penampungan air dan tempat yang dapat tergenang air bersih apakah ada jentik dan apakah sudah tertutup rapat. Untuk tempat air yang sulit dikuras diberi bubuk larvasida seperti abate.
  2. Membasmi keberadaan kain / pakaian yang tergantung di dalam rumah.
  3. Menyambangi rumah kosong / tidak berpenghuni untuk cek jentik.

 Jumat pada pukul pagi hari. Jika ditemukan jentik nyamuk maka petugas berhak memberi peringatan kepada penghuni / pemilik untuk membersihkan atau menguras agar bersih dari jentik. Jumantik lalu membuat catatan dan laporan yang diperlukan untuk dilaporkan ke kelurahan dan kemudian dari kelurahan dilaporkan ke instansi terkait atau vertikal.

Selain petugas jumantik orang yang tinggal di sekitar suatu wilayah wajib juga melakukan pengawasan/pemantauan jentik di wilayahnya (self jumantik) dengan tehnik dasar minimal 3M Plus, yaitu :

  1. Menutup

    Menutup adalah memberi tutup yang rapat pada tempat air ditampung seperti bak mandi, kendi, toren air, botol air minum dan lain sebagainya.

  1. Menguras

    Menguras adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti kolam renang, bak mandi, ember air, tempat air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

  1. Mengubur

    Mengubur adalah memendam di dalam tanah untuk sampah atau benda yang tidak berguna yang memiliki potensi untuk jadi tempat nyamuk dbd bertelur di dalam tanah.

Plus Kegiatan Pencegahan :

– Menggunakan obat nyamuk / anti nyamuk.

– Menggunakan kelambu saat tidur

– Menanam pohon & binatang yang dapat mengusir/memakan nyamuk dan jentik nyamuk.

– Menghindari daerah gelap di dalam rumah agar tidak ditempati nyamuk dengan mengatur ventilasi dan pencahayaan.

Dari hasil yang didapatkan jumantik wilayah Pedukuhan Ngreco,76,9% dari 26 tempat yang positif 6 tempat.(RedSid)

Komentar atas PSN DI PEDUKUHAN NGRECO KALURAHAN SELOHARJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License