MERTI BUMI KAMPUNG SUROCOLO WUJUD RASA SYUKUR DAN PEMANJATAN DOA

Administrator 03 Oktober 2019 09:58:26 WIB

Merti Bumi atau nyadran Kampung surocolo,salah satu tradisi nenek moyang yang turun temurun dari dua Dusun yaitu Ds Poyahan Dan Ngreco, merti bumi diselenggarakan setiap tahun sekali,tepatnya untuk tahun ini Tgl 02-10-2019 hari rabu kliwon di surocolo,yang masih di Uri uri oleh masyarakat kampung surocolo hingga sekarang.

Kegiatan tradisi inti tersebuttelah ditandai dengan penyembelihan kambing jantan yang sehat dan berumur,serta dimasak dengan cara "krawon" dalam sebutan masyarakat setempat atau daging tersebut di campur parutan kelapa lalu disajikan kenduri berujud tumpengan hasil bumi,Doa bersama lalu di bagikan kepada masyarakat sekitar dan anak anak.

Tradisi tersebut mulai sekarang di kolaborasi dengan pentas seni seperti ,jatilan,kethoprak,gejog lesung,bergodo dan panembrono oleh peseni lokas kampung surocolo.hal tersebut mempunyai multi tujuan diantaranya mengankat Potensi seni lokal masyarakat setempat,mengangkat potensi wisata lokal sehingga dapat meningkatnya pendapatan ekonomi bagi masyarakat kampung surocolo tersebut.

Hal tersebut juga menunjukkan bahwa Desa Seloharjo adalah Desa Budaya,maka tidak lepas dari peran Pemerintah Desa Seloharjo sebagai wadah bagi masyarakat kampung surocolo,berangkat dari hal tersebut diatas maka dapat terwujud kegiatan merti bumi kampung surocolo dengan hikmat ,sakral dan meriah.

Merti bumi kampung surocolo didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Desa Seloharjo,Muspika Kecamatan Pundong,Pemerintah Kab Bantul,Dinas Kebudayaan DIY,BPCB DIY.dalam Perayaan merti bumi surocolo tersebut turut hadir Wakil Bupati Bantul Bpk H. Abdul Halim Muslih ,DPRD DIY Bpk Joko Purnomo dan Kepala Dinas Terkait.Seloharjo 03-10-2019.

 

Komentar atas MERTI BUMI KAMPUNG SUROCOLO WUJUD RASA SYUKUR DAN PEMANJATAN DOA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License