Upacara Adat Gumbreg di Geger, Seloharjo, Pundong Bantul

Anita 20 Agustus 2024 13:18:38 WIB

 

Seloharjo- Pemerintah Kalurahan Seloharjo telah menghadiri upacara adat gumbreg di Padukuhan Geger pada Selasa, 20 Agustus 2024. Gumbreg atau Gumbregan adalah upacara adat sebagai ungkapan rasa syukur para petani dimana hewan ternaknya selama ini sudah menjadi bagian dari penghidupan. Melalui hewan ternaknya, petani sudah dibantu mencari penghidupan dan saling menjaga harmoni antara manusia dengan alamnya. 

Upacara adat ini digelar setiap delapan bulan sekali. Gumbreg ini digelar oleh warga para petani agar hewan ternaknya semakin sehat, gemuk, dapat berkembang biak, selalu sehat dan aman dari wabah penyakit. Sebab, hewan ternak juga turut memberi rejeki bagi para petaninya.

Komentar atas Upacara Adat Gumbreg di Geger, Seloharjo, Pundong Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License