Pengajian Rutin di Seloharjo Pundong oleh Ustad Toyib Hidayat M.Si

Anita 05 April 2024 11:41:51 WIB

Seloharjo- Telah di laksanakan pengajian rutin se kapanewon Pundong di Kalurahan Srihardono. Pengajian rutin jumat pagi (05 April 2024) ini di ikuti oleh ASN, TNI, Polri, Guru, PKK Kalurahan, PKK Kapanewon Pundong dan Lurah se Kapanewon pundong beserta perangkatnya dengan di dampangi Ustad Toyib Hidayat M.Si. 

Inti dari pengajian kali ini adalah membahas mengenai :

Rangkaian kita melaksanakan bulan Ramadhan di mulai dari iman, puasa, taqwa. Harus punya iman dahulu utk melaksanakan puasa. Dan setelah puasa tujuannya adalah taqwa sehingga setelah puasa rangkaiannya masih ada yang harus dilanjutkan. Kebiasaan kebiasan baik selama ramadan dan Pendidikan yang didapat dalam Ramadhan yg harus dilanjutkan diantaranya adalah:
1. Kedisplinan yg merupakan kunci kesuksesan.
2. Kejujuran
3. Tenggang rasa : untuk meningkatkan empati kita pada orang lain ( saat kita puasa ada harapan ada yg dimakan saat buka dan sahur, orang lain belum tentu)
4. Tetap melakukan amaliyah sunah yang akan meningkatkan derajat keimanan kita, agar menjadi orang yg bejo dunia dan akherat.

Amaliyah yang dilanjutkan setelah ramadan usai seperti :
1. Melakukan ibadah ibadah sunah : sholat tahiyatul masjid, rawatib, dll
2. Tidak melakukan hal yang berlebihan. Berikut 3 hal yg tidak boleh berlebihan yaitu Tidur, Makan, Bicara Gunakan sebagian waktu tidur untuk bangun Tahajud, doa. Salah satunya doa meminta agar jika mendapat kekuasaan/ kenikmatan maka hal itu akan mendekatkan kita pada Alllah. Diberi kesehatan untuk ibadah, diberi harta utk sedekah.Sehingga harapannya makin dikasih nikmat, makin dekat pada Allah. (Tambah harta tambah bersyukur, tambah sehat tambah mudah ibadah,tambah nikmat nya tambah dekat dgn Alloh)
3. Membaca Al quran Lakukan hal ini agar mendapat kelapangan kubur ( mendapat kenikmatan kubur) yaitu : shodaqoh, baca Al Qur'an, tahajud. Hindari hal ini agar terhindar dari siksa kubur:
- tdk bersuci dg sempurna ( mengabaikan sesuci)
- fitnah /adu domba
- mengurangi timbangan
- memindah patok tanah
4. Shodaqoh. Shodaqoh bisa mengubah takdir kita yg buruk ( takdir yg buruk bs diubah dg doa dan shodaqoh) . Org yg berdoa itu tanda ybs rendah hati bhw segala sesuatu adalah krn rahmat Allah bukan krn kekuatan kita. Shodaqoh menunjukkan ybs bnr bnr prcy pd Allah ( harta tdk akan berkurang malah nambah) . Org yg rajin sodaqoh dekat dg Allah,dekat dengan surga, dekat dengan masyarakat dan menjauhkan dari neraka. Gunakan harta :
- 1/3 untuk mengurus raga agar tetap sehat,
- 1/3 untuk urusan dunia( mengejar kemuliaan dunia, Projo dll)
- 1/3 untuk urusan / mengejar akhirat

5. Itikaf . Kita bergaul dengan siapa saja, berinteraksi dengan siapa saja namun perlu ada, waktu menyendiri, koreksi diri.Agar ada perubahan. Saat kita itikaf kita memakmurkan masjid. Org yg slalu mjaga kbersihan kesucian masjid akan Bersih Berseri Bercahaya di hari kiamat ( contoh berwudhlu dari rmh lalu pergi ke masjid)
Acara ditutup dengan doa.

Komentar atas Pengajian Rutin di Seloharjo Pundong oleh Ustad Toyib Hidayat M.Si

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License