Puskesmas Pundong Umumkan Vaksin DPT-HB-HIB Akan Tersedia Kembali

Anita 26 Januari 2024 13:38:18 WIB

Seloharjo- Puskesmas Pundong Mengumumkan bahwa Vaksin DPT-HB-HIB Sudah Tersedia dan siap diberikan sesuai jadwal setiap hari Rabu akan di mulai pada tanggal 31 Desember 2024. Vaksin DPT-HB-HIB adalah vaksin kombinasi yang diberikan melalui suntikan untuk melindungi tubuh dari infeksi difteri, tetanus, pertusis serta bakteri haemophilus influenzae tipe B (HiB).

Tujuan utama pemberian vaksin ini untuk mencegah suatu penyakit atau mengurangi tingkat keparahannya. Vaksin DPT-Hib bekerja dengan memasukkan bakteri difteri, pertusis, tetanus serta bakteri HiB yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh. 

Masuknya bakteri kemudian memicu sistem kekebalan tubuh manusia untuk memproduksi antibodi. Jika suatu saat bakteri tersebut menyerang, antibodi yang dihasilkan mampu melawan infeksi.

Pemberian vaksin DPT-HiB mampu mencegah 6 penyakit berbahaya, yaitu difteri, pertussis, tetanus, hepatitis B, pneumonia dan meningitis. Keenam penyakit tersebut berpotensi menyebabkan kematian.Berikut informasi seputar keempat bakteri tersebut:

  • Difteri adalah infeksi bakteri pada hidung dan tenggorokan yang mengeluarkan racun berbahaya. Kerusakan jantung, ginjal dan otak adalah konsekuensinya.  
  • Pertusis atau sering disebut dengan batuk rejan adalah peradangan paru akibat infeksi bakteri. 
  • Bakteri tetanus bisa menyerang saraf dan menimbulkan kekakuan otot di berbagai bagian tubuh. 
  • Bakteri HiB dapat menyebabkan pneumonia (peradangan paru-paru) dan meningitis (peradangan otak).  

Pemberian vaksin DPT-Hib disuntikkan ke intramuscular atau otot. Pada bayi berusia 6 minggu hingga 1 tahun, penyuntikan dilakukan ke otot paha. Sedangkan pada anak yang berusia lebih dari 1 tahun, vaksin disuntikkan ke otot lengan atas. 

Komentar atas Puskesmas Pundong Umumkan Vaksin DPT-HB-HIB Akan Tersedia Kembali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License