Tips Sehat Menghadapi Musim Penghujan

Anita 29 November 2023 14:02:47 WIB

Seloharjo- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika telah mengeluarkan peringatan dini terhadap cuaca musim penghujan di akhir tahun. Hujan yang merata di beberapa daerah di indonesia, membuat kita harus waspada dengan berbagai potensi penyakit penyerta yang terjadi saat musim hujan berlangsung. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap sehat dan dapat menjalankan aktivitas harian dengan lancar. Penyakit yang sering kita temui pada saat musim penghujan ini diantaranya yaitu Diare, Demam Berdarah Dengue, Leptospirosis, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), Penyakit Kulit dan Penyakit Pencernaan. 

Setelah mengetahui berbagai penyakit penyerta musim hujan yang berpotensi menjangkit masyarakat, tindakan pencegahan perlu dilakukan dengan melakukan beberapa hal seperti berikut:

  1. Menggunakan pakaian hangat
  2. Sedia payung atau jas hujan ketika hendak beraktivitas di luar ruangan.
  3. Menjaga kebersihan rumah dan berbagai tempat lainnya yang dimungkinkan menjadi sarang perkembangan nyamuk
  4. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin mengkonsumsi vitamin
  5. Mandi setelah kehujanan

Dengan menerapkan beberapa tips sehat selama musim hujan, masyarakat lebih sehat dan siap dalam menjalani aktivitas di tengah musim hujan seperti saat ini.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta bersegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit dari penyakit penyerta musim hujan yang telah disebutkan diatas, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat dari petugas kesehatan.

Komentar atas Tips Sehat Menghadapi Musim Penghujan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License