Merti Dusun Padukuhan Poyahan

Anita 11 September 2023 08:46:16 WIB

Seloharjo-  Pada hari Sabtu, 09 September 2023 padukuhan Poyahan mengadakan acara Merti Dusun. Merti Dusun merupakan salah satu tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat Padukuhan Poyahan khususnya dan warga desa pada umumnya. Pagelaran Wayang Kulit ini dihadiri oleh Bupati Bantul, Panewu Kapanewon Pundong, Anggota DPRD DIY, Lurah dan Pamong Seloharjo, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan Seluruh masyarakat yang diundang. 

Kegiatan ini terlaksana bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan Seloharjo dan Warga masyarakat Padukuhan Poyahan. Sebagai puncak acara Merti Dusun yaitu pagelaran Wayang kulit dengan lakon "Wahyu Sandang Pangan" yang di dalangi oleh Ki Geter Pramudi Widodo di padukuhan Poyahan.

Tradisi merti dusun sudah sejak nenek moyang di laksanakan masyarakat tidak mengetahui sejak kapan merti dusun ini mulai di rayakan,dan saat ini menjadi sebuah agenda rutin padukuhan Poyahan.

Pada upacara ini merupakan tradisi ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Agung,dengan bentuk tradisi slametan.sebelum pelaksanaan acara pagelaran wayang kulit diadakannya Acara Kenduri atau genduren oleh warga masyarakat sebagai ujud syukur dan rasa persatuan dalam bersosial di masyarakat,menciptakan Rasa golong gilig kepada seluruh masyarakat tanpa di batasi dengan status sosial apapun.

Komentar atas Merti Dusun Padukuhan Poyahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License