Seloharjo Wakili Kapanewon Pundong pada acara Gaung Gamelan di Kridosono

Anita 22 Agustus 2023 13:15:25 WIB

Seloharjo- Pada hari Minggu, 20 Agustus 2023 Tim karawitan Seloharjo mewakili Kapanewon Pundong untuk mengikuti festival gamelan/ Gaung Gamelan antar kapanewon se Bantul. Alhamdulilah, Tim Desa Budaya Seloharjo/ gamelan dari seloharjo dalam hal ini juga mendapat sertifikat keiikutsertaan dalam acara tersebut. 

Sekitar 700 pengrawit dari 28 kelompok karawitan yang terlibat dalam Gaung Gamelan dengan 28 pangkon gamelan tampil dalam acara pembukaan itu. YGF28 yang kali ini mengusung tema Gamelan: Beyond Sound, dibuka langsung Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Gaung Gamelan sebagai bentuk kontribusi merayakan gamelan yang menjadi warisan budaya tak benda yang ditabuh tanpa amplifikasi elektrik. Harapannya, dengung dan suara gamelan bisa mencapai seluruh penjuru semesta dan menyadarkan manusia serta mengandung doa setelah melewati dua tahun pandemi Covid-19.

YGF merupakan sebuah perayaan atas gamelan, yang menjadi tempat berkumpul para pemain dan pecinta gamelan seluruh dunia, dan sudah diselenggarakan sejak 1994 oleh mendiang Sapto Raharjo. 

Dalam pidato pembukaannya, Sri Sultan berpendapat YGF28 bukan sekadar pentas seni, YGF akan mengajak untuk memasuki momentum pembelajaran hidup melalui harmonisasi irama yang dilakukan dengan merenungkan makna mendalam dibalut orkestrasi gamelan.

 

Komentar atas Seloharjo Wakili Kapanewon Pundong pada acara Gaung Gamelan di Kridosono

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License